Wisata Di Sekitar Labuan Bajo, 7 Tempat Ini Menjadi Favorite Wisatawan

wisata di sekitar labuan bajo
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Wisata Di Sekitar Labuan Bajo – Salah satu tujuan berlibur ke Nusa Tenggara Timur adalah di Labuan Bajo. Labuan Bajo ini merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat.

Bukan hanya sebuah desa, tetapi juga sebuah kota kecil yang menyuguhkan berbagai fasilitas seperti pusat pendidikan, pusat pemerintahan, perdagangan dan pariwisata tentunya.

Untuk Anda yang ingin berlibur di Taman Nasional Komodo, kota ini merupakan kota pertama kalian menginjakan kaki sebelum menjelajahi 4 pulau warisan dunia UNESQO.

Di sisnilah beberapa fasilitas transportasi seperti Bandara Komodo, Pelabuhan Ferry Labuan Bajo dan juga Pelabuhan Peni.

Sebagai kota di sebelah barat Florest yang dikelilingi oleh lautan dan perbukitan. Kota ini memiliki beragam tempat wisata yang eksotis, populer dan menakjubkan.

Wisata alam yang asri dan masih terjaga keindahannya. Tidak hanya itu, budaya di sini  juga masih sangat kental dan tetap dilestarikan.

Wisata Alam Di Sekitar Labuan Bajo

Ada beberapa wisata alam yang akan memanjakan Anda ketika berlibur di kota ini, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pulau Komodo, Rinca, Padar dan Gili Motang
pulau komodo

Pulau yang menjadi situs warisan dunia UNESQO ini memiliki warisan yang tidak ditemukan di negara lain.

Pulau yang dijadikan tempat berkembangbiak hewan langka bernama Komodo ini menjadi wisata utama di tanah Labuan Bujo, Florest, Nusa Tenggara Timur. Selain terdapat Komodo, pulau-pulau ini juga memiliki keelokan alam yang luar biasa.

Hamparan pasir putih, gurun savana, bebukitan dan dikelilingi lautan yang biru jernih ini akan membuat liburan Anda akan sangat menyenangkan di wisata Komodo.

Selain menyenangkan juga akan semakin menantang karena bisa berinteraksi dengan Komodo yang terkenal ganas serta pemangsa daging ini.

  • Pulau Kanawa
wisata di sekitar labuan bajo

Surga tersembunyi di Labuan Bajo ini memiliki lanskap dan fenomena yang begitu eksotis. Lautnya yang jernih hingga tembus mata, pasirnya yang putih bersih membuat pulau ini begitu menakjubkan.

Spot wisata tropis yang menjadi keunikan pulau ini, membuatnya menjadi destinasi wisata Labuan Bajo yang wajib Anda kunjungi.

  • Gili Laba

Gili Lawa atau yang akrab disebut Gili Laba merupakan salah satu tempat wisata di sekitar Labuan Bajo yang menyuguhkan pemandangan alam dari atas ketinggian yang menakjubkan. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset maupun sunrise.

Hamparan pulau yang terlihat begitu mengagumkan akan seperti hamparan pasir pada musim kemarau.

Pada musim hujan gurun savana yang semula mengering akan tumbuh tanaman hijau yang membuat pemandangan begitu tampak menghijau. Untuk bisa melihat semua itu, maka Anda harus melakukan trekking walaupun tidak begitu tinggi.

  • Pink Beach
pink beach

Pantai Pink ini memang tempat yang paling terkenal di Labuan Bajo. Pantai dengan pasir berwarna pink ini masih sangat indah untuk melakukan aktivitas seperti snorkeling.

Pemandangan bawah laut begitu indah dipadukan dengan susunan terumbu karang yang tidak tercemar sama sekali.

  • Pulau Kelor
pulau kelor

Sama halnya dengan Gili Laba, pulau ini berupa pebukitan yang menampakan lanskap alam yang begitu sempurna.

Ombak yang begitu tenang, hamparan pasir putih bebukitan dari pulau lainnya, akan lengkap menjadi latar foto Anda. Untuk mencapai titik puncak pulau ini membutuhkan banyak tenaga.

Walaupun tidak setinggi pulau Padar, bukit ini memiliki medan trek yang cukup berbahaya.

Pasalnya, Anda harus melewati medan curam dan terjal serta jurang di kanan dan kiri. Oleh karena itu, harus berhati-hati, terlebih jika musim hujan akan semakin menantang adrenali Anda.

  • Goa Rangko
wisata di labuan bajo

Goa yang terletak di Ujung Manggarai Barat ini masih sangat jarang dikunjungi. Goa ini memiliki keunikan dan kelebihan yang tidak bisa dilihat di tempat lain.

Bagian bawah goa dialiri air laut yang begitu jernih. Pemandangan stalagmit dan stalaktit dari Goa begitu mengagumkan.

Untuk pergi ketempat ini, Anda bisa menggunakan sepeda motor. Akan tetapi perlu pengalaman dan skill mengendara yang khusus, pasalnya jalan menuju goa cukup curam, naik turun dan berupa batuan. Sehingga bagi Anda yang tidak biasa alangkah lebih baik jika pergi bersama orang yang handal dalam bidang itu.

  • Danau Kelimutu
danau kelimutu labuan bajo

Danau yang terletak di puncak gunung Kelimutu ini memiliki 3 warna yang berbeda. Konon katanya, danau ini memiliki cerita mistik yang sampai saat ini masih di percaya oleh masyarakat sekitar danau. Setiap warna danau memiliki nama dan makna yang berbeda.

Danau kelimutu warna merah atau yang disebut Tiwu Ato Polo yang memiliki arti tempat berkumpulnya ruh-ruh manusia yang sering melakukan perbuatan jahat selama hidupnya.

Kemudian warna putih Tiwu Ata Mbupu yaitu tempat berkumpulnya para ruh dari golongan orang tua. Sedangkan warna biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yakni tempat berkumpulnya jiwa para pemuda-pemudi.

Walaupun demikian danau ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Untuk mencapai titik yang tepat, Anda harus mendaki gunung tersebut dengan medan yang curam. Selain itu juga harus melewati para monyet penjaga yang memiliki bulu kecoklatan.

  • Wae Rebo
wisata sekitar labuan bajo

Selain pemandangan alamnya yang menakjubkan. Anda juga bisa menikmati pemandangan di sebuah desa yang masih begitu kental dengan adat dan Budaya Manggarai. Desa tersebut adalah Wae Rebo, rumah-rumah adat yang unik akan begitu ikonik.

Di sini Anda juga bisa belajar tentang cerita sejarah suku Manggarai serta budaya sebagai identitas mereka. Selain itu, Anda juga bisa menginap di salah satu rumah warga, karena sikap mereka yang begitu senang menerima para wisatawan.

  • Cunca Wulang
tempat wisata di sekitar labuan bajo

Cunca Wulang merupakan sebuah air terjun yang berada di sebelah timur Labuan Bajo. Curung ini memiliki keindahan dan keunikan. Air terjun yang memiliki tebing sempit ini memiliki debit air yang stabil dan jernih.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini seperti mendaki tebing atau meluncur dari tebing menuju ke kolam curug.

Pemandangan dari bawah air terjun juga sangat memanjakan mata. Kemudian, suasana yang tercipta begitu hangat dan menyejukan.

Itulah beberapa wisata yang ada di sekitar Labuan Bajo. Sebagai tempat yang Indah dan strategis, berdirilah beberapa tempat penginapan seperti hotel sebagai fasilitas akomodosasi bagi para wisatawan. Konsep yang ditawarkan juga memiliki keindahan sendiri yang menghadap pada panorama alam Labuan Bajo.

Dari sinilah Anda memulai perjalanan untuk menjelajah pulau Florest yang kaya akan beraneka ragam wisata alam.

Setiap titik wisata memiliki keindahan tersendiri. Oleh karenanya, memilih mengisi waktu liburan ke Labuan Bajo adalah sesuatu yang tepat. Alam yang masih tertata rapi serta asri.

Bahkan beberapa tempat juga masih tampak seperti belum terjamak oleh manusia. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, alangkah penting untuk tetap melestarikan alam dan budaya yang menjadi identitas bangsa. Spot-spot foto yang menarik akan menjadi momen untuk mengabadikan kelembutan alam yang begitu luar biasa.

Leave a Replay