Wisata Di Pulau Padar Ternyata Menyimpan Fakta Unik Ini, Sudah Tahu?

pulau padar
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Wisata Di Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang masuk dalam salah satu warisan dunia UNESCO.

Sama halnya dengan Pulau Komodo, pulau yang terletak di Florest, Nusa Tenggara Timur ini juga menjadi tempat adanya para Komodo. Pulau ini memiliki banyak keunikan terutama pada wisata alamnya yang begitu menakjubkan.

Pulau ini terletak di dekat ketiga pulau lain yang masuk pada Taman Nasional Komodo seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Pulau Gili Motang.

Pulau yang paling dekat dengan Pulau Padar adalah Pulau Rinca. Pulau Padar merupakan pulau yang masih sangat asri dan tampak seperti belum dijamak manusia.

Wisata di Pulau Padar akan sangat menyenangkan. Dimana sebagian besar pulau ini berupa kontur-kontur bebukitan yang tinggi dan trumbu karang serta padang savana yang memiliki keunikan tersendiri.

Selain itu, lautnya pun masih sangat terjaga kejernihannya. Sebuah pulau yang dapat dikatakan sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia.

Oleh karena itu, sebelum pergi ke pulau ini harus ada beberapa persiapan yang dibutuhkan. Yang utama tentu membutuhkan fisik dan mental yang kuat.

Kemudian, siapkan kamera yang terbaik untuk mengabadikan momen-momen menyenangkan di Pulau ini. Karena perjalanan laut, pastikan Anda tidak mabuk laut, sehingga tidak menguras banyak tenaga ketika sudah sampai di sana.

Fakta Unik Wisata Pulau Padar Yang Perlu Anda Tahu

wisata di pulau padar

Sebelum menjelajah wisata di Pulau Padar, sebelumnya Anda harus mengetahui tentang fakta-fakta unik apa yang membuat pulau ini begitu menakjubkan.

  • Pulau Padar merupakan pulau terbesar ke 3 yang masuk pada Taman Nasional Komodo. Dari keempat pulau yang masuk dalam bagian TNK, pulau Padar merupakan pulau terluas ke 3 setelah pulau Rinca dan wisata Komodo.

    Pulau ini terletak diantara kedua pulau tersebut yang dipisah oleh Selat Lintah. Selat ini memiliki ombak yang besar, sehingga ketika Anda hendak ke Pulau ini harus berhati-hati karena akan merasakan goncangan ombak.
  • Tempat dimana terbuangnya para komodo yang ganas. Berdasarkan sejarah, tempat ini menjadi tempat buangan komodo yang sering memangsa para wisatawan.

    Ada sekitar 7 komodo yang di pindaah di Pulau ini. Namun menurut beberapa wisatawan yang datang, tidak ada komodo di pulau ini. Hal tersebut dikarenakan terputusnya rantai makanan.
  • Tidak berpenghuni. Sebagi pulau yang masuk pada situs warisan dunia, pulau ini tidak berpenghuni. Walaupun sudah menjadi destinasi wisata yang sangat populer.
  • Pemandangan yang Indah berupa bukitan yang diselimuti rumput hijau. Ada pula bukit yang berwarna coklat serta dipadukan dengan birunya laut dan pasir putihnya. Perpaduan yang unik serta memanjakan mata.

    Berada di pulau ini berasa di sebuah tempat yang tidak pernah tersentuh oleh manusia. Konon katanya, di balik bukit-bukit yang menjulang tinggi terdapat pula dinasaorus.

Itulah beberapa fakta unik tentang pulau Padar. Selanjutnya adalah beberapa kegiatan wisata yang dapat dicoba dan yang pasti menyenangkan di Pulau ini.

Untuk paket lengkapnya, setelah berada di sini jangan lupa untuk sekalian menjelajah ke tiga pulau lain yang tidak kalah menarik.

Untuk bisa mencapai pulau ini maka ada beberapa cara yang ditempuh salah satunya adalah menggunakan transportasi antar pulau.

Transportasi antara pulau yang dimaksud adalah kapal dengan berbagai jenis. Bahkan terdapat pula kapal yang dapat dijadikan sebagai tempat penginapan sekaligus.

Anda juga bisa menggunakan kapal motor bersama dengan teman-teman Anda atau mengikuti open trip. Semakin banyak penumpang maka akan semakin murah.

Bisa juga dengan menyewa Boat. Namun, tarif yang harus Anda bayarkan lebih mahal jika dibanding menyewa perahu bersama-sama.

Pulau ini bisa ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 3-4 jam dari Labuan Bajo dengan menggunakan perahu.

Sepanjang perjalanan, Anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang menarik di sekitar Labuan Bajo dan Pulau-pulau yang Ada.

Kegiatan Menarik yang Ada di Pulau Padar

Keindahan pulau ini memang sudah tidak diragukan lagi. Gili padar yang begitu eksotis akan sangat indah untuk mengabadikan momen-momen liburan baik bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini selain mengambil foto terbaik, Anda juga bisa melakukan Snorkeling dan juga Trekking.

Keindahan alam bawah laut di Pulau ini memang tidak ada duanya. Susunan trumbu karang yang masih terjaga membuatnya akan terlihat sangat indah.

Kegiatan Snorkeling, berenang atau main pasir ini bisa Anda lakukan terutama di Pantai Pink. Hamparan pasir yang berwarna pink dan cukup luas akan memberikan kegembiraan tersendiri.

Karena berupa bebukitan, pulau ini sangat cocok untuk kegiatan Trekking. Kegiatan ini akan sangat melelahkan dan butuh energi yang banyak.

Medan yang ditempuh juga cukup terjal dan licin. Anda juga dapat menjumpai trek dengan medan berbaatu krikil serta pasir. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Anda menggunakan celana dan juga sepatu tertutup.

Dan jangan sekali-kali Anda menggunakan sandal jepit, karena mengingat medannya yang tidak menentu. Jika dipaksakan, justru akan merepotkan diri Anda sendiri.

Karena pebukitan dan padang savana, maka jarang dijumpai pohon yang tinggi. Oleh sebab itu, cuacannya akan sangat panas.

wisata pulau padar

Untuk melindungi kulit Anda dari serangan sinar matahari, alangkah baiknya menggunakan sunblock. Jangan sampai waktu mengambil gambar Anda merasa tidak percaya diri akarena kulit yang hitam bahkan gosong.

Walaupun demikian, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan pulau Padar dari atas ketinggian. Dengan begitu Anda akan merasakan semakin menyatu dengan alam.

Pemandangan dari atas bukit pulau padar merupakan fenomena atau pemandangan yang terindah dibanding ketiga pulau lainnya. Maka tidak salah jika Anda memilih wisata di Pulau Padar sebagai pengisi waktu liburan Anda.

Itulah beberapa wisata di Pulau Padar yang bisa Anda nikmati. Berfoto dengan latar bukitan tinggi dan fenomena Pulau Padar dari atas bukit akan semakin instagramable. Walaupun demikian, Anda yang ingin berlibur disana harus memperhatikan tata aturan pemandu wisata di sana.

Jangan sampai kita salah mengambil langkah. Meskipun menurut beberapa wisatawan, pulau ini siudah tidak ada Komodonya, alangkah lebih baik jika tetap waspada. Karena binatang itu merupakan binatang yang peka, jadi bisa saja muncul secara tiba-tiba.

Untuk menikmati seluruh pulau yang ada di Taman Nasional Komodo, maka membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari.

Dengan begitu, tidak akan sia-sia berlibur ke Nusa Tenggara Timur terutama pulau Florest untuk menjelajah situs warisan UNESQO yang penuh dengan sejarah dan pemandangan alam menakjubkan.

Tidak perlu untuk ke luar negeri agar bisa mendapatkan spot foto menarik. Di Indonesiapun masih banyak spot foto yang menarik dan menambah eksis di sosial media. Salah satu pulau tersembunyi yang berada jauh di luar batas laut Nusantara ini, sesuatu yang tidak bisa di dapat dimana pun.

Leave a Replay