Paket Wisata Seru ke Labuan Bajo - Komodo

Lihat dan rasakan langsung keindahan destinasi wisata alam di Labuan Bajo, mengunjungi objek wisata favorit seperti pulau Padar, Pink Beach, pulau Komodo, Pulau Kalong, Manta point dan lainnya.

paket wisata labuan bajo tour komodo

Mengapa Harus Gumilang Tour?

tour
harga paket liburan murah

HARGA SPESIAL

Dapatkan harga hemat untuk semua paket tour yang Anda sukai! Karena kami travel lokal

pelayanan wisata memuaskan

PELAYANAN TERBAIK

Kami pastikan Anda mendapat akomodasi dan pelayanan terbaik selama liburan

cepat dalam pelayanan

RESPON CEPAT

Kami memberikan pelayanan yang cepat untuk semua kebutuhan wisata Anda.

sepenuh hati melayani wisata Anda

BERSAHABAT

Rasakan pelayanan bersahabat kami. Kami pastikan Anda mendapat pelayanan terbaik

Paket Wisata Labuan Bajo - Komodo Favorite

Paket Wisata Labuan Bajo
3 Hari 2 Malam
(2 Malam menginap di boat)

wisata pulau padar

TERFAVORIT: Rasakan keindahan destinasi populer di Labuan Bajo dalam 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Labuan Bajo
4 Hari 3 Malam
(2 Malam di boat, 1 malam di hotel)

liburan ke pulau kelor

Favorit: Menikmati keindahan Labuan Bajo sesungguhnya dengan waktu yang santai dan fleksbile. Liburan paling puas

Wisata Santai Labuan Bajo
3 Hari 2 Malam
(2 Malam menginap di hotel)

pulau komodo

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Labuan Bajo dengan santai. Hari pertama dan terakhir hanya penjemputan dan pengantaran ke bandara, fokus liburan di hari ke-2 mengunjungi Komodo

Wisata Santai Labuan Bajo
3 Hari 2 Malam
(1 Malam di boat, 1 malam di hotel)

pantai pink pulau komodo tour

Untuk Anda yang ingin liburan santai di Labuan Bajo. 2 Hari liburan yang seru & melihat komodo. Hari ke-3 menikmati keindahan dari hotel, langsung ke bandara

Wisata Santai Labuan Bajo
2 Hari 1 Malam
(1 Malam menginap di kapal)

manjarite komodo

Maksimalkan liburan di Labuan Bajo dengan full tour selama 2 hari 1 malam, mengunjungi objek wisata favorit

Wisata Santai Labuan Bajo
4 Hari 3 Malam
(2 Malam di hotel, 1 malam di boat)

pulau kelor

Liburan santai 4 hari 3 malam di Labuan Bajo, untuk Anda yang lebih nyaman menginap di hotel

Customer Puas Kami!

tour

Ciptakan Memori-mu

Kata Mereka

tour
Liburan yang sangat menyenangkan.., hotel nya keren, makanan nya super enak, driver nya sangat ramah.. terima kasih
Nurkhiani testimoni
Nurkhiani
Pengusaha Konveksi
Terimakasih Gumilang Tour Lombok , liburan kami beserta keluarga sangat berkesan, service top abiss ūüĎćūüĎćūüĎćūüĎćūüĎć
Diah
Ibu Rumah Tangga
Tksh Gumilang Tour Lombok kerana telah memberi servis yg mantap dan tiptop sepanjang percutian kami. ūüĆüūüĆüūüĆüūüĆüūüĆü
Puan rosita
Pengusaha Malaysia

3 Hal Unik dari Wisata Labuan Bajo yang Jarang Diketahui Orang

komodo tour

Wisata labuan Bajo merupakan surga dunia yang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan di dalamnya. Setiap tahunnya jumlah turis asing yang berkunjung terus mengalami peningkatan.

pulau komodo

Berdasarkan data dari Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF), kunjungan wisatawan mencapai 256 ribu orang pada tahun 2019.

Kini masa-masa sulit itu  telah berakhir. Sektor pariwisata Indonesia mulai bangkit. Wisata labuan Bajo siap menunjukkan pesonanya kembali. Banyak tempat-tempat eksotis nan menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Misalnya manta point, puncak waringin, bukit cinta, gili laba, dan masih banyak lagi.

Dan yang paling terkenal adalah taman nasional  komodo. Melansir dari laman berita liputan6.com, tempat wisata ini masuk ke dalam jajaran The New 7 Wonders of Nature pada tahun 2012.

Anda ingin berkunjung ke sana tapi tidak tahu lokasinya?. Tenang, di dalam artikel ini akan diberikan ulasan lengkapnya beserta spot-spot keren yang bisa Anda kunjungi.

Di manakah Lokasi Labuan Bajo Berada?

tour manta point

Wisata labuan bajo terletak di pulau flores bagian barat, NTT. Di mana lokasinya berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Teluk Sape. Wilayah ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat.

Luas wilayahnya sendiri diperkirakan mencapai 13.79 km persegi. Sementara jumlah penduduknya sekitar 6.973 jiwa berdasarkan data terbaru di tahun 2021.

Manggarai Barat ditempati oleh suku-suku yang beragam. Contohnya Manggari,  bajo, dan lainnya. Namun, mayoritas penduduknya adalah suku bajo. Pemerintah Indonesia menjadikan lokasi wisata labuan bajo sebagai prioritas utama yang harus dikembangkan.

tour pulau padar

Dikarenakan objek wisata tersebut dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991. Sayang bukan kalau dibiarkan dan tidak dikelola dengan baik?. Bisa-bisa seluruh keindahan alam serta flora dan fauna yang ada di dalamnya mengalami kepunahan seiring berjalannya waktu.

Anda sendiri tidak mau kan kalau hal itu sampai terjadi?. Maka, jangan membuang sampah atau merusak apa pun saat Anda sedang berlibur di sana ya.

Untuk mencapai lokasi wisatanya ada tiga jalur yang bisa Anda tempuh, yaitu darat, udara, dan laut. Masing-masing mempunyai tingkat kesulitan medan yang berbeda-beda.

3 Cara Mengakses Lokasi Wisata Labuan Bajo

tour komodo

Liburan ke tempat wisata yang dipenuhi dengan pemandangan alam nan indah serta  hamparan laut biru yang memukau adalah impian semua orang. Tahukah Anda?, ternyata suasana seperti itu bisa Anda dapatkan di negeri seribu satu pulau Indonesia. Tepatnya di lokasi  labuan Bajo.  Cara mengaksesnya bisa  ditempuh melalui tiga jalur berikut ini :

  1. Menuju Wisata Labuan Bajo Jalur Darat

kapal ke komodo

Terdapat dua rute  yang bisa Anda tempuh jika memilih jalur darat. Jalan pertama adalah dari Flores. Setelah itu Anda akan melewati empat tempat sekaligus, yaitu Bajawa, Ruteng, Nancar, dan Mboera. Pemberhentian terakhir langsung  menuju lokasi wisatanya.

Sedangkan rute yang kedua juga  diawali dari Flores. Tapi jalan yang akan Anda lewati selanjutnya ke arah Riung, Wera, Ruteng, Nancar, dan yang terakhir melewati Mboera. Jarak tempuhnya bisa sampai 12 jam.

Kalau Anda merasa perjalanannya terlalu lama, cobalah menggunakan angkutan bus  dari Bali yang  menuju wilayah Mataram, Lombok. Selanjutnya pergilah ke daerah Bima, Sumbawa.

Sesampainya di sana, lanjutkan perjalanan ke Sape. Begitu tiba, naiklah kapal feri untuk menuju labuan bajo.

  1. Lewat Jalur Laut

tour labuan bajoy

Bosan dengan padatnya  lalu lintas di darat?. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan jalur laut dengan menaiki Kapal milik PELNI yang bernama Leuser. Yang pelayarannya dimulai dari wilayah Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Lewat Jalur Udara

Kalau mau lewat jalur udara, gunakan maskapai Transnusa Airlines. Di mana pesawat tersebut bisa langsung menghubungkan Anda ke labuan bajo. Bagi Anda yang berangkat dari Jakarta bisa menggunakan maskapai Batik air dan Citilink.

Selain itu ada juga bandara Geyawantara di Flores, Bandar udara H. Hasan Aroeboesman di Ende, dan  Bandar Udara Frans Sale Salega di Ruteng. Jadwal keberangkatannya dapat Anda lihat di  situs website resminya.

Tempat-Tempat Menarik  di Wisata Labuan Bajo Darat

wisata pulau kelor

Dunia mengenal Indonesia dengan hamparan lautnya yang luas dan pulau-pulaunya yang eksotis. Hal inilah yang membuat para turis asing merasa nyaman dan ingin tinggal dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu destinasi wisata unggulan yang paling banyak diminati oleh turis asing adalah wisata labuan bajo. Letaknya berada di Pulau Flores. Tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tempat wisata ini terkenal akan keelokan alamnya yang masih asri serta flora dan faunanya yang beragam. Sehingga di sana banyak tersedia spot-spot menarik yang bisa dijadikan objek foto  bersama keluarga, pasangan, atau pun teman.

tour ke komodo

Spot terkenal yang paling banyak diburu oleh turis adalah Taman Nasional Komodo. Di sana ada hewan purba langka yang masih hidup sampai sekarang. Bentuk tubuhnya sangat besar dan menyerupai seekor kadal.  Hewan tersebut bernama Komodo. Informasi selengkapnya akan dibahas di sub bab berikut ini.

Wisata Labuan Bajo Pulau Komodo

pulau komodo

Pulau komodo adalah satu di antara deretan wisata yang ada di Taman Nasional. Di sana hidup seekor kadal terbesar di dunia. Nama latinnya Varanius Komodoensis atau biasa disebut dengan Komodo.

Penemuan komodo baru mendapatkan perhatian dunia setelah Pieter Antonie Auwens selaku direktur Museum Zoologi Bogor memuatnya dalam sebuah jurnal ilmiah di tahun 1912.

Menurut data di tahun 2009, Taman Nasional  dihuni sekitar 1300 ekor komodo. Di mana panjang ukuran tubuhnya bisa mencapai 2-3 meter. Dengan berat rata-rata minimal 90 kg. Komodo terpanjang yang hidup di sana memiliki bobot 166 kg dan panjangnya kurang lebih 3,13 meter.

wisata ke komodo

Ciri-ciri fisik antara komodo jantan dan betina berbeda. Cara paling mudah untuk membedakannya diihat dari warna kulit dan ukuran tubuhnya. Komodo jantan mempunyai fisik yang besar serta berwarna abu-abu gelap atau merah batu bata.

Sedangkan komodo betina ukurannya jauh lebih kecil ketimbang jantan. Warna kulitnya hijau seperti buah zaitun. Dan ada sebagian kecil warna kuning di bagian tenggorokannya.

Biasanya proses perkawinan antara komodo jantan dan betina terjadi pada bulan Mei dan Agustus. Telur-telurnya ada di dalam kandungan kurang lebih selama satu bulan. Dan akan mulai menetas  kalau waktunya sudah mencapai 7-8 bulan. Satu ekor komodo betina mampu menghasilkan telur sebanyak 13 butir.

Keindahan wisata labuan bajo tak hanya pada pulau komodo saja. Masih banyak tempat menarik lainnya seperti  Pulau Padar, Sabolo, Kanawa, Rinca, Bidadari, dan Seraya.

pulau kenawa

Taman Nasional Komodo juga mempunyai kehidupan bawah laut yang begitu menakjubkan. Berbagai macam flora dan fauna laut bisa Anda temui di dalamnya. Setidaknya terdapat hewan laut seperti ikan pari, penyu hijau, hiu, 10  spesies lumba-lumba, 70 jenis bunga karang, 6 spesies mamalia paus, dan 385 jenis karang.

3 Hal Unik dari Wisata Komodo Labuan Bajo

pantai pink di komodo

Dahulu Taman Nasional Komodo bukanlah tempat pariwisata. Melainkan sebuah desa nelayan yang cukup terkenal pada masanya. Semenjak binatang komodo ditemukan dan dikenal banyak orang dari seluruh penjuru dunia, fungsinya telah beralih menjadi area wisata labuan Bajo.

Kebanyakan para pelancong datang ke sana  ingin melihat  komodo dari jarak dekat. Usahakan ketika sudah berada di pulaunya, Anda jangan bepergian seorang diri. Mintalah ditemani oleh pawang atau salah satu tim ranger yang sedang bertugas.

Hal ini bertujuan agar Anda tetap aman selama berada di pulau. Pasalnya,  komodo adalah sejenis binatang yang  bisa menjadi agresif secara tiba-tiba meskipun cara berjalannya lambat dan sedikit pemalas. Selalu ikuti arahan petugas dan jangan melakukan kegiatan di luar instruksi seperti memberikan makan atau mengganggunya.

Komodo merupakan salah satu keunikan yang dimiliki wisata labuan bajo. Masih ada hal menarik lainnya yang belum Anda ketahui. Supaya tidak penasaran, mari simak ulasan berikut ini.

  1. Berbaur dengan Masyarakat Sekitar dan Melakukan  Snorkeling

snorkeling komodo

Hal unik yang dimiliki wisata komodo labuan Bajo adalah masyarakatnya yang mudah berbaur dengan para turis lokal maupun mancanegara.  Pulau ini dihuni  sekitar 1.700  jiwa yang memiliki aktivitas dan kepercayaan yang  unik.

Kegiatan sehari-hari dari penduduk setempat yang bisa disaksikan oleh para turis adalah proses pembuatan patung komodo. Dan yang paling aneh, penduduk di sana mengatakan dapat berkomunikasi secara langsung dengan Ora (Sebutan Komodo dalam Bahasa Manggarai).

Apakah itu benar?. Tidak ada satu pun orang yang tahu. Sebagai pengunjung yang baik, Anda harus menghormati kepercayaan yang dianutnya.

Selesai menyusuri pulau, lanjutkan kegiatan liburan Anda dengan snorkeling melihat keindahan bawah laut yang dihiasi 260 spesies karang dan ribuan jenis ikan. Tapi ini khusus bagi yang sudah mahir berenang ya. Aktivitas tersebut bisa Anda lakukan di Pulau Kelor.

  1. Menyaksikan Kelelawar yang Beterbangan di Pulau Kalong

liburan ke pulau kelor

Keunikan wisata labuan bajo komodo yang kedua adalah menyaksikan kelelawar yang beterbangan di Pulau Kalong.  Untuk mencapai lokasinya, Anda harus menyewa sebuah kapal khusus agar dapat melihat fenomena alam yang langka ini secara lebih jelas.

Momentum tersebut biasanya terjadi ketika matahari sudah tenggelam di ufuk barat. Dengan sendirinya kelelawar akan keluar dari tempat peristirahatannya dan terbang bergerombol menghiasi langit Pulau Kalong. Jangan biarkan momen itu hilang begitu saja. Abadikan  menggunakan kamera handphone Anda.

Keesokan paginya saat matahari terbit dari timur.  Kelelawar yang seharian mencari makan akan berbondong-bondong terbang kembali menuju sarangnya untuk  beristirahat. Kalau Anda tidak mau ketinggalan momen yang satu ini, usahakan datang sehabis subuh.

  1. Melihat Sunrise dan Sunset yang Menakjubkan

sunset pulau komodo

Bagi Anda yang ingin pergi berbulan madu bersama pasangan, destinasi wisata labuan bajo adalah tempat yang sangat cocok. Di sana terdapat beberapa resort dengan kualitas super mewah yang bisa Anda sewa untuk beberapa malam. Harga per orangnya sekitar Rp 200.000. Lokasinya berada tepat di Pulau Kanawa.

Pulau tersebut juga mempunyai spot menarik  yang biasa dijadikan objek foto oleh para turis. Tempatnya berada di atas bukit. Begitu Anda menjajakan kaki ke sana, ada pemandangan matahari terbit dan terbenam yang siap memanjakan mata Anda. Suasana seperti ini sangat cocok bagi dua orang pasangan yang ingin menghabiskan waktu berdua.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi wisata labuan bajo?.

Harga Paket Tour Komodo Labuan Bajo

Ada berbagai macam pilihan paket tour komodo labuan bajo di internet. Semua travel berlomba-lomba memberikan harga terbaik  demi menggaet calon pelanggan sebanyak-banyaknya.

Namun, Anda jangan tergiur dengan paket  murah. Perhatikan dulu apakah jasa travel yang mau Anda gunakan tersebut benar-benar terpercaya atau tidak. Sudah banyak kasus orang-orang terkena penipuan jasa travel bodong.

Supaya kejadian tersebut tidak menimpa Anda, pilihlah jasa travel yang  berbadan hukum resmi dan mempunyai citra yang baik di masyarakat. Contohnya seperti gumilangtour.com

Gumilang Tour and Travel

Jasa travel gumilangtour.com membagi paket tour wisata labuan Bajo menjadi dua bagian, yaitu open trip dan private trip. Durasi  liburan dan harga kedua paketnya berbeda-beda. Tergantung dari jenis pelayanan yang diberikan oleh pihak travel.

Dalam artikel ini akan dijelaskan sebagian paket tour wisata labuan bajo  secara lengkap. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa jumlah biaya yang perlu Anda persiapkan. Berikut ulasannya untuk Anda.

Pertama : Paket Full Day Boat Tour Komodo

Paket wisata dari gumilangtour.com yang pertama adalah full day boat tour komodo. Anda bebas mau menggunakan yang open trip atau private trip. Keduanya mempunyai durasi liburan yang sama, yaitu hanya satu hari saja

Tempat-tempat wisata labuan bajo yang akan Anda kunjungi adalah pink beach, pulau padar, melakukan kegiatan berenang di manta point, atau mengunjungi long beach untuk snorkeling.

snorkeling di komodo

Harga paket turnya sendiri apabila menggunakan kapal biasa sangat terjangkau. Tapi kalau memakai Speedboat beda lagi. Biaya yang harus Anda keluarkan terbilang cukup mahal.

Pilihan paket ini menjadi favorit turis karena harganya yang murah. Dengan biaya segitu, Anda sudah bisa mengunjungi tiga pulau besar seperti Rinca, Padar, dan  Pulau Komodo.

Kedua : Paket Speedboat Full Day  Tour dari Labuan Bajo

Paket yang kedua adalah tur mengelilingi Taman Nasional Komodo menggunakan Speedboat selama satu hari penuh. Penjemputan awalnya dari tempat hotel Anda menginap di laboan bajo.

Harga per paketnya sangat terjangkau. Dan di dalam paket Speedboat full day Anda bisa pilih open trip ataupun private trip

pulau kelor komodo

Lokasi wisata labuan Bajo yang Akan Anda kunjungi jika memilih paket ini adalah Pulau Padar, Pulau Komodo, Pulau Kanawa, Manta Point, Pink Beach, dan Taka Makasar.

Menjelajahi taman nasional menggunakan speadboat sambil menikmati keindahan langit nan memukau adalah suatu kenikmatan yang tak bisa Anda dapatkan di tempat mana pun.

Ketiga : Paket Sailing Komodo Private Tour  Dan  Premium Meals

Bila Anda merasa satu hari belum cukup untuk menikmati pesona taman nasional komodo. Cobalah memilih paket sailing komodo private tour dan premium meals.

wisata ke labuan bajo

Paket  satu ini adalah jenis tour yang jangka waktunya 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, atau 4 hari 3 malam.

Dikarenakan durasinya yang lama serta pelayanan kapal berstandar tinggi dan makanan berkelas premium, menjadikan harganya begitu mahal. Satu grup tur yang terdiri dari 1 sampai 8 orang dikenakan biaya lebih hemat per kapal karena terbagi.

Harga tersebut sudah termasuk biaya sarapan, makan siang, makan malam, dan air mineral. Sekaligus juga biaya transportasi pulang pergi, snorkeling, pendokumentasian, penggunaan fasilitas di dalam kapal, serta perangkat keselamatan.

Tempat-tempat wisata labuan bajo  dari paket ini adalah Pulau Kanawa, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan berkunjung ke long beach atau pink beach yang ada di Pulau Komodo. Bagi yang durasi liburannya lebih dari dua hari, Anda bisa menelusuri lokasi taman nasional  lainnya.

Itulah ketiga paket tour dari gumilangtour.com. Silahkan pilih sesuai keinginan Anda.

Wisata Manta Point Labuan Bajo

Pencinta diving atau snorkeling wajib mengunjungi arena wisata labuan Bajo lainnya yang bernama Manta Point. Tempat ini merupakan salah satu destinasi favorit yang sering dikunjungi para turis selain taman nasional komodo. Lokasinya sendiri berada di Indonesia bagian timur.

Di sana Anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang menawan. Tidak hanya ekosistem perairannya saja. Manta Point juga memiliki keindahan ekosistem darat yang tak kalah bagusnya.

Darat maupun laut sama-sama indahnya. Menyelam ke dasar perairan sambil menyapa beberapa koloni ikan adalah pengalaman yang tak akan  bisa Anda lupakan seumur hidup. Dan di bagian daratnya Anda akan menjumpai si raja kadal besar Komodo yang super ganas.

Menuju lokasi wisata labuan bajo Manta Point, Anda harus naik kapal feri dari arah Bali. Tarif sekali naik tidak lebih dari Rp 50.000. waktu tempuhnya bisa mencapai 4-6 jam atau lebih. Itu pun kalau cuaca sedang bersahabat.

Kapal feri yang Anda naiki tadi, akan langsung mengantarkan Anda menuju manta Point yang lokasinya ada di pinggiran wilayah Bajo. Persisnya  di tanah Loh Liang, Pulau Flores. Tepatnya setelah Pink Beach atau pantai jambon.

Harga tiket masuk ke Manta Point masih ramah dikantong. Tarif  tersebut jika Anda hanya berkunjung saja. Kalau mau mencoba fasilitas lengkapnya tentu harganya lumayan lebih mahal. Biaya itu belum termasuk komisi untuk tour guide dan beberapa pelayanan lainnya.

5 Daftar Objek Wisata di Manta Point

Mumpung lagi di Manta Point, jangan lewatkan beberapa objek wisata menarik seperti melihat gerombolan ubur-ubur, snorkeling dan diving, berkunjung ke manta sighting spot, menyaksikan komodo secara langsung, dan menelusuri keindahan panorama bawah laut.

  1. Melihat Gerombolan Ubur-Ubur

Wisata labuan bajo manta point terkenal akan fauna lautnya yang unik. Salah satunya adalah ikan manta. Jenis spesies yang satu ini biasanya berenang bersama kawanan koloninya untuk mencari makan.

Makanan utama dari ikan manta adalah ubur-ubur. Apabila Anda sedang berenang di Manta dan melihat ikan tersebut berkerumun dalam satu tempat, berarti di situ ada gerombolan ubur-ubur yang siap diburu.

  1. Snorkeling dan Diving

komodo snorkeling

Snorkeling dan diving adalah  aktivitas yang paling banyak diminati turis mancanegara saat mengunjungi manta point. Olahraga air ekstrem ini memang sangat seru guna memacu adrenalin.

Tentunya  pihak pengelola sudah menyediakan peralatan yang aman dan sesuai standar. Mulai dari pakaian menyelam, tabung gas, masker, dan lain-lain.

Saat berenang di manta point harap berhati-hati dengan ombak yang besar. Karena di sana rawan sekali terjadi kecelakaan. Maka dari itu, siapkan mental dan fisik yang kuat.

  1. Berkunjung ke Manta Sighting Spot

komodo snorkeling

Manta sighting spot adalah lokasi dari ikan pari khas Indonesia Timur. Di sini pengunjung diperbolehkan untuk menyentuh, membelai, atau memberi makan hewannya langsung. Panjang dari ikan pari ini sekitar 3 meter.

  1. Menyaksikan Komodo Secara Langsung

pulau komodo

Di wisata labuan bajo manta Point Anda juga bisa menemukan si kadal besar komodo. Anda pun dapat melihatnya dari jarak yang sangat dekat. Tapi harus dalam pengawasan dan penjagaan pawang ya. Jangan coba-coba untuk mendekat atau menyentuhnya sendiri. Karena binatang ini agak sedikit agresif.

  1. Menelusuri Keindahan Bawah Laut

snorkeling di komodo

Satu lagi objek wisata labuan bajo manta poin yang tidak boleh dilewatkan adalah keindahan bawah lautnya yang masih asri. Jangan lupa  membawa kamera air  untuk mengabadikannya dalam sebuah gambar.

Wisata Puncak Waringin Labuan Bajo

liburan ke pulau padar

Apakah Anda ingin menikmati pemandangan sore hari dari ketinggian?. Jika iya, maka puncak Waringin labuan bajo adalah jawabannya. Destinasi ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang yang belum pernah mengunjungi wisata labuan bajo.

Lokasi berada pada ketinggian 45-30 meter di atas permukaan air laut. Tak khayal membuatnya jadi favorit para turis dan masyarakat sekitar kala ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Sebelum menjadi destinasi wisata, dahulu kawasan ini dianggap berbahaya oleh warga sekitar. Dikarenakan setiap musim penghujan selalu rawan terjadi longsor. Beruntungnya sekarang di sekitar areanya sudah terpasang pagar-pagar pembatas. Sehingga para pengunjung bisa leluasa berjalan-jalan menyusuri puncak waringin.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan beberapa bangku di are tengah yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Di Puncak Waringin juga  telah dibangun sebuah gedung utama bergaya arsitektur rumah adat Manggarai. Di mana bangunan tersebut dilengkapi  viewing deck sebagai tempat untuk melihat indahnya pemandangan.

pulau padar

Beberapa sarana dan prasarana juga mulai dilakukan pembenahan di sekitar area puncak waringin. Misalnya ada penambahan fasilitas toilet, musala, rumah ganset, dan pos penjaga keamanan. Sedangkan di area bagian luarnya sudah tersedia tempat parkir yang luas, taman, jalan setapak, dan amphiteater.

Tempat ini semakin menarik karena  berada di tengah-tengah kota wisata labuan bajo. Waktu tempuhnya hanya sekitar 5 menit saja dari bandara komodo jika menggunakan angkutan mobil. Di sekitar areanya banyak tersedia Resort dan penginapan yang bisa Anda jadikan tempat berkumpul bersama keluarga.

Sudah puas menikmati wisata labuan bajo darat?, Lanjutkan perjalanan Anda dengan menyusuri perairannya menggunakan kapal phinisi. Fasilitas ini sangat cocok bagi Anda yang tidak bisa berenang dan ingin sekali melihat keindahan bawah laut.

Daftar Jenis Kapal Phinisi Labuan Bajo

kapal ke komodo

Berlibur di wisata labuan bajo tak lengkap rasanya jika tidak merasakan sensasi menaiki kapal phinisi super mewah. Duduk bersantai di atas kapal sembari merasakan embusan angin sepoi-sepoi merupakan kenikmatan  yang luar biasa. Berikut ini tiga jenis kapal dengan pelayanan kualitas terbaik.

  1. Kapal Phinisi Adelaar

Melansir dari tribuntravel.com, kapal phinisi Adelaar mampu menampung delapan orang penumpang. Sebab, di dalamnya terdapat empat kabin yang cukup luas.

  1. Kapal Phinisi Alexa

Kapal phinisi yang kedua bernama Alexa. Ukiran Balinya yang khas membuatnya menjadi incaran banyak orang. Kapal yang dibuat tahun 2013 ini  memiliki satu kabin dan hanya muat untuk dua orang saja.

  1. Kapal Phinisi Samata

Jumlah kabin yang dimiliki oleh kapal phinisi Samata jauh lebih banyak daripada Adelaar dan Alexa. Terdapat 5 kabin yang cukup untuk 10 penumpang. Desainnya bergaya tradisional dengan panjang kurang lebih 42 meter.

Harga Sewa Kapal Labuan Bajo Jenis Phinisi

Ketiga kapal phinisi tadi mempunyai harga sewa yang Berbeda. Berikut rangkumannya untuk Anda.

  1. Harga Sewa Kapal Phinisi Adeelar

Harga per malam untuk rute Bali-Komodo di bulan Mei,  Juni, dan September dikenakan tarif sekitar 47jt Harga tersebut juga masih berlaku pada bulan April sampai Agustus.

  1. Harga Sewa Kapal Phinisi Alexa

Kapal phinisi Alexa mempunyai tarif yang lebih mahal. Pihak pengelola mengenakan tarif sekitar 60jt per malamnya. Harga tersebut berlaku untuk bulan April sampai Oktober dengan tujuan utama Taman Nasional Komodo.

  1. Harga Sewa Kapal Phinisi Samata

Pada bulan April sampai Oktober, harga sewa kapal samata berada di kisaran sekitar 62jt per malamnya.

Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

Sehabis berlibur, jangan lupa membeli oleh-oleh buat keluarga di rumah. Wisata labuan bajo menjual berbagai pernak-pernik menarik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Contohnya kain songke berwarna dasar hitam dan ada motif warna-warni di atasnya yang merupakan buatan asli penduduk Manggarai.

Kain songke tersedia di toko oleh-oleh yang ada di depan Bandar Udara Internasional Komodo. Motifnya ada banyak macamnya dan mempunyai arti tersendiri.

  1. Motif ju’i atau garis-garis batas melambangkan bahwa segala sesuatunya itu ada batas akhir.
  2. Motif wulan kawu atau bunga kapuk melambangkan adanya keterkaitan antara manusia dengan alam.
  3. Motif wulan runu atau bunga runu mengibaratkan penduduk Manggarai seperti bunga kecil tapi mampu menjadi sumber keindahan.
  4. Motif ranggong atau laba-laba melambangkan sifat kejujuran dan kerja keras.
  5. Motif ntala atau bintang melambangkan sebuah harapan dan doa yang baik.

Ada juga nih oleh-oleh  minuman berupa kopi manggarai yang terkenal akan cita rasanya yang unik dan pahit.  Sementara  untuk makanannya  ada rebok yang terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut. Lainnya ada roti kompiang yang di atasnya bertaburan biji wijen. Bahan utamanya adalah tepung terigu.

tour ke komodo

Semoga beberapa hal unik dari wisata labuan bajo yang sudah dipaparkan  tadi mampu meningkatkan kecintaan Anda terhadap pariwisata negeri sendiri. Tetap terapkan protokol kesehatan dan selalu ikuti arahan  petugas, selamat Anda berlibur.

Share yuk