Bandara Labuan Bajo, Jalur Menuju 6 Wisata Menarik Ini

goa rangko
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Bandara Labuan Bajo – Dengan bentuk wilayah kepulauan sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia kaya akan wisata alamnya yang beragam.

Mulai dari ujung barat hingga ujung timur, Indonesia menawarkan panorama alam yang eksotis untuk dijelajahi.

Bukan hanya di pulau-pulau besarnya saja tetapi hingga di pulau-pulau kecil yang ada. Salah satu surga wisata Indonesia ada di gugusan kepulauan Nusa Tenggara.

bandara labuan bajo

Gugusan pulau ini menyimpan berjuta kekayaan alam yang tak akan habis untuk dijelahi. Kekayaan alam ini tak hanya ada di daratan yang memiliki hutan sub tropis, tetapi juga aneka kekayaan laut.

Laut di sekeliling kepulauan ini cenderung tenang dan tidak berombak ganas membuat laut ini menjadi rumah bagi beragam biota laut. Anda bisa menemukan beragam jenis ikan dan terumbu karang.

Untuk mencapai salah satu surga wisata Indonesia ini, Anda bisa menggunakan pesawat dengan pemberhentian di Bandara Labuan Bajo.

Bandara Labuan Bajo ini, selain dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang meningkat, juga untuk membuka jalur persebaran pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan ada bandara ini, maka akses untuk mencapai setiap ujung wilayah Indonesia akan jadi lebih mudah.

Letak bandara yang berada di Labuan Bajo tidak membuat Anda jauh dari beragam tempat wisata. Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sekitarnya, berikut beberapa daftar tempat yang dapat Anda kunjungi:

  • Desa Wae Rebo
wae rebo

Desa Wae Rebo merupakan salah satu desa adat yang masih mempertahankan kearifan lokal yang ada.

Hal ini terlihat jelas dari bentuk rumah adat yang ada di sana. Rumah adat suku Manggarai yang berbentuk kerucut ini mempertahankan jumlah rumah adat utama yang hanya berjumlah 7 buah saja.

Berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat Desa Wae Rebo menjadi salah satu desa di atas awan yang eksotis.

Letaknya yang terpencil di antara beberapa perbukitan membuat desa ini sangat asri dan memiliki pemandangan alam yang mampu menyihir wisatawan.

Meski tergolong desa adat yang cukup kuat, warga juga terbuka terhadap orang baru atau wisatawan. Oleh karena itu, Anda juga bisa menginap dan tinggal bersama warga, merasakan bagaimana tinggal di Mbaru Niang dan mengikuti aktivitas bersama warga.

  • Sawah Lingko

Sebagai salah satu kearifan lokal yang ada, Sawah Lingko merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi saat mampir ke Labuan Bajo.

Sawah Lingko ini merupakan area persawahan yang memiliki bentuk menyerupai jarring laba-laba. Area persawahan milik Desa Cancar ini merupakan area sawah adat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga secara bersama-sama.

Bentuk yang unik ini menjadikan Sawah Lingko sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Untuk melihat bentuk Swah Lingko secara utuh, Anda bisa mengunjungi Puncak Weol.

Puncak Weol merupakan salah satu puncak perbukitan yang tak jauh dari Sawah Lingko. Dari puncak ini, Anda bisa menikmati indahnya Sawah Lingko yang memiliki bentuk unik ini.

  • Goa Rangko
goa rangko

Labuan Bajo bukan hanya berisi pantai-pantai cantik nan eksotis tetapi juga beberapa goa yang tak kalah cantik. Salah satu goa cantik tersebut ialah Goa Rangko atau kerap disebut juga Goa Buaya.

Goa yang berada di daerah Manggarai Barat ini memiliki air asin yang jernih. Paduan air jernih kebiruan dengan stalaktit stalakmit dan batuan goa lainnya menciptakan pemandangan yang menarik.

Kondisi yang sepi membuat Anda bak memiliki kolam renang pribadi. Air yang segar ini berasal dari rembesan celah-celah goa yang terhubung langsung dengan air laut.

Nilai plus dari goa ini ialah tidak ada kelelawar seperti goa pada umumnya. Keberadaan kelelawar ini selain membuat suasana jadi lebih riuh, air di goa pun juga akan tercemar oleh kotorannya sehingga tidak bisa Anda selami.

  • Gili Laba

Gili Laba merupakan tempat yang pas untuk Anda yang ingin menikmati pantai pasir putih dan laut yang biru dari celah-celah bukit. Dari Gili Laba ini Anda akan disuguhi pemandangan cantik dari bukit yang dipenuhi sabana.

Perbukitan ini akan memberikan warna yang berbeda tiap musimnya. Saat musim hujan, sabana yang menyelimuti bukit ini akan mengijau dan menyegarkan mata Anda. Sementara saat kemarau dan sabana mengering, maka warna coklat yang eksotis akan menjadi pemandangan yang berbeda.

Di balik perbukitan tersebut dan menjadi latarnya, Anda dapat melihat pasir putih pantai dan biru laut yang menggoda, serta bukit-bukit dari pulau lain. Pemandangan ini bisa Anda nikmati sepanjang tahun.

Pergantian warna sabana dari hijau ke coklat tidak membuat tempat ini jadi kering dan gersang. Warna coklat dari sabana ini akan menjadi paduan yang cantik dengan biru lautan dan langit.

Gili Laba juga menawarkan kecantikan lain saat matahari terbit maupun terbenam. Untuk mendapatkan matahari terbit di Gili Laba ini, Anda bisa memulai trecking ke puncak mulai dari pukul 4 pagi.

Meski medan yang tidak terlalu ekstream, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dan peralatan yang cukup memadahi. Usaha untuk mencapai puncak pada dinihari akan terbayar dengan cantiknya matahari terbit dari puncak Gili Laba ini.

  • Atol Mangiatan

Atol atau dataran yang ada di tengah laut dan biasanya terbuat dari proses sedimentasi pasir pantai merupakan salah satu ciptaan alam yang indah dan eksotis.

Salah satu atol yang dapat dikunjungi saat berada di Labuan Bajo ialah Atol Mangiatan. Atol yang terbuat dari pasir putih dari pantai di Pulau Mangiatan ini memiliki bentuk yang menyerupai angka 9 dan bulan sabit.

Atol ini dikelilingi dengan laut biru yang menggoda untuk diselami karena airnya yang jernih. Selain itu atol ini juga dikelilingi oleh gugusan terumbu karang sekaligus ikan-ikan dan biota laut lainnya. Keindahan atoll ini cocok untuk dijadikan lokasi foto-foto.

  • Pink Beach
pink beach

Pink Beach atau Pantai Merah tak hanya dapat Anda temui di luar negeri. anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika Anda juga bisa menikmati pantai dengan pasir dan air berwarna pink di Nusa Tenggara Timur.

Pink Beach atau Pantai Merah yang terletak di sisi lain wisata Komodo ini memiliki pasir dan air berwarna pink yang akan memanjakan pengunjung.

Paduan antara warna pasir putih dengan gradasi pink dan biru dari warna laut akan membuat Anda terpesona. Tak hanya itu, suasana yang sepi dan ombak yang tenang membuat wisatawan serasa berada di pantai pribadi.

Beragamnya tempat wisata yang ada di Labuan Bajo mulai dari pantai, goa, hingga perbukitan dengan rute trecking ini dipengaruhi dengan topografi kepulauan dan perbukitan yang ada, Anda bisa sampai ke tujuan wisata Anda melalui Bandara Labuan Bajo

Namun beragamnya tempat wisataini malah tak akan membuat Anda bosan dan menunggu untuk Anda jelajahi. Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan liburan Anda dan selamat berlibur!

Leave a Replay